Laman

Jumat, 23 Maret 2012

PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI


Perpustakaan perguruan tinggi adalah sebuah perpustakaan atau sistem perpustakaan yang dibangun, diadministrasikan dan didanai oleh sebuah universitas untuk memenuhi kebutuhan informasi, penelitian,dan kurikulum dari mahasiswa, fakultas dan staff nya.

Perpustakaan nasional mendefinisikan perpustakaan perguruan tinggi sebagai perpustakaan yang diselenggarakanoleh satuan pendidikan tinggi yang layanannya diperuntukkan sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan.

Secara sederhana perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang dikelola oleh perguruan tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi.

Bentuk perguruan tinggi adalah universitas,institute,sekolah tinggi,akademi,politeknik,dsb.
organisasi dalam sebuah perpustakaan perguruan tinggi sebagai badan bawahnya seperti:Fakultas,Departemen,Jurusan,Program studi,Lembaga penelitian, Lembaga pengabdian kepada masyarakat,pusat-pusat penelitian, kajian dan unit kerja lainnya.

Tujuan Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah untuk memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar,penelitian,dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi. Oleh karena itu, koleksi perpustakaan perguruan tinggi benar-benar diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan dan pelaksanaan Tri Dharma.

Dalam pelaksanan pengelolaannya, perpustakaan perguran tinggi mengenal system sentralisasi dan desentralisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar