Laman

Jumat, 23 Maret 2012

Istilah Pustaka,Kepustakawanan,Kepustakaan Dan Pustakawan




Pustaka ialah bahan pustaka yang mencakup:
1.karya cetak atau karya grafis seperti buku,majalah,surat kabar,disertasi dan laporan
2.karya non-cetak atau karya rekam seperti piringan hitam,rekaman audio,kaset dan video
3.bentuk mikro seperti microfilm,mikrofis,dan microopaque
4.karya dalam bentuk elektronik seperti disket,pita magnetic,dan cartridge yang diasosiasikan dengan computer

Istilah lain yang berkaitan dengan pustaka ialah kepustakawanan,kepustakaan dan pustakawan.
               
Kepustakawanan dalam bahasa inggris disebut librarianship. Istilah kepustakawanan menyangkut penerapan pengetahuan (dalam hal ini ilmu perpustakaan) dalam hal pengadaan, penggunaaan serta pendayagunaan buku (dalam arti luas) di perpustakaan serta perluasan jasa perpustakaan.
Tujuan Kepustakawanan adalah sbb:
a)      penyimpanan
b)     penelitian
c)      informasi
d)     pendidikan
e)      cultural

Dalam berbagai kesempatan tentunya pembaca pernah menjumpai istilah kepustakaan. Istilah tersebut dalam bahasa inggris lazim disebut bibliography atau references biasa dijumpai pada akhir sebuah karangan atau sebuah artikel ataupun bagian akhir buku. Kepustakaaan dalam hal ini mempunyai arti daftar buku yang menyangkut suatu karya ataupun daftar buku yang digunakan untuk menyusun karya tulis. Biasanya dimuat pada akhir bagian buku dengan tujuan memberi petunjuk bagi pembaca untuk menelusuri subjek yang berkaitan dengan menggunakan daftar buku.
Istilah lain yang saling berkaitan adalah pustakawan . Secara singkat dapat dinyatakan bahwa pustakawan ialah orang yang memberikan dan melaksanakan kegiatan perpustakaan dalam usaha pemberian layanan kepada masyarakat sesuai dengan misi yang diemban oleh badan induknya berdasarkan ilmu perpustakaan,dokumentasi, dan informasi yang diperolehnya melalui pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar